Cara Menghilangkan Cegukan dengan Mudah

Hic...Hic...Hic... Itu adalah bunyi umum saat seseorang mengalami cegukan. Mungkin itu pula yang menyebabkan orang Inggris memakai istilah "HICCUP" sebagai bahasa Inggris dari "CEGUKAN". Cegukan memang sangat mengganggu. Apalagi kalau mengalami cegukan dalam waktu yang lama. Hal-hal yang dapat menyebabkan cegukan antara lain adalah tersedak makanan, kekenyangan, minum minuman tertentu, tertawa berlebihan, dll. Saya memilik beberapa tips untuk menghilangkan cegukan. Tentunya itu saya dapatkan dari berbagai sumber. Berikut ini tipsnya :

1. Minum Air Putih
Minum air putih merupakan cara yang kuno, sederhana, dan umum dipakai. Ada beberapa cara menghilangkan cegukan dengan memakai air putih, diantaranya :
a. Minum air putih hangat
Cara ini adalah untuk menormalkan kondisi tenggorokan dan membuat nyaman tenggorokan. Dengan begitu, cegukan lebih mudah dihilangkan.
b. Minum air sambil tahan nafas
Cara ini berhubungan dengan pernafasan. Pertama, tahan nafas, lalu minumlah air secara perlahan sampai habis (kondisi tahan nafas). Cara ini cukup efektif.
c. Minum air lalu menengok ke kanan
Pertama, minumlah air dengan cepat lalu langsung menengok ke kanan. Jika belum berhasil, maka dapat dicoba lagi.

2. Mengalihkan Perhatian
Mengalihkan perhatian dari gangguan cegukan dapat menghilangkan cegukan. Seperti menyakiti diri sendiri. Fokus pun beralih ke bagian tubuh yang sakit. Contoh mencubit tangan, mencengkram perut, dll. Lama-kelamaan cegukan sembuh jika diabaikan. Tapi menyakiti diri sendiri jangan berlebihan.
3. Makan
Beberapa makanan tertentu dapat menghilangkan cegukan. Seperti gula, lemon, dan selai kacang. Makanan asam cenderung lebih mudah menghilangkan cegukan. Tapi tak perlu berlebihan makan.
4. Melakukan Pernafasan Dengan Trik Tertentu
Menghilangkan cegukan juga bisa dilakukan dengan melakukan trik pernafasan. Pertama, Tarik nafas panjang dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan tanpa cegukan. Lakukan langkah tersebut beberapa kali hingga tak terjadi cegukan sama sekali.
5. Mengoles Minyak Kayu Putih
Oleskan minyak kayu putih di daerah dada dan perut. Dengan begitu organ dalam akan merasakan relaksasi dan perlahan bisa menghilangkan cegukan.
6. Dikagetkan/Dikejutkan
DORR....Haha kaget juga. Kita pasti tertawa atau ceria jika mengageti seseorang. Cegukan pun dapat dihilangkan jika kita merasa kaget. Pertama, mintalah orang dekat untuk mengageti anda. Tapi anda jangan memikirkan orang itu agar anda lebih mudah kaget. Orang dekat anda juga bisa mengageti anda dengan hal-ha yang menakutkan atau yang lain. Tips ini sedikit sulit diterapkan bagi orang yang tak mudah kaget.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik demi perkembangan blog ini. Kritik dan saran anda sangat membantu. Peraturan berkomentar :

1. Komentar tidak merupakan SPAM
2. Komentar tidak merupakan PROMOSI
3. Harus berkomentar dengan SOPAN
4. Tidak berkomentar dengan link aktif
5. Komentar harus sesuai topik
6. Komentar yang MELANGGAR kelima peraturan di atas akan segera dihapus tak tersisa